jump to navigation

Luwuk, Banggai Juni 9, 2007

Posted by puji sidharta in personal.
trackback

 Luwuk terletak di ujung peninsula dari provinsi Sulawesi Tengah merupakan ibukota dari kabupaten Kepulauan Banggai. Kota yang  diapit oleh pantai dan perbukitan ini sangat indah dengan pantainya yang jernih dan tak berombak karena di kelilingi oleh kepulauan Banggai. Kota dengan populasi yang tidak terlalu padat ini dihuni berbagai suku yang datang dari berbagai daerah seperti Bugis, Padang dan warga keturunan Tionghoa yang banyak berprofesi sebagai pedagang. Penduduk asli daerah sekitar adalah suku Ta. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dengan dialek Bugis campur.

Luwuk dapat ditempuh dengan melalui jalan darat dari ibukota provinsi Sulawesi Tengah Palu melalui jalur Poso, Tentena, Morowali, Pagimana dan Luwuk. Sepanjang perjalanan anda akan melalui tempat tempat yang indah yang belum banyak dikenal seperti lokasi penyelaman di Pulau Tikus dan Tanjung api.

Melalui udara dapat di tempuh dari Manado atau Palu dengan Merpati CN 235   yang ditempuh sekitar lebih kurang dua jam. Anda akan mendarat di pelabuhan udara Bubung, Luwuk. Bandara yang terletak tiga kilometer di luar kota Luwuk. Dari bandara dapat menggunakan taxi atau angkutan desa menuju Luwuk.

Beberapa penginapan yang berada di kota Luwuk, seperti Hotel Ramayana, Dynasti dan Hotel Rosalina dengan fasilitas yang lumayan bagus. Ramayana dan Rosalina terletak di pinggir pantai sedangkan Dynasti berada didekat pusat pertokoan.  Sedangkan Maleo Cottage dibuat untuk mengakomodir keperluan para wisatawan yang ingin berkunjung ke Luwuk dan daerah sekitarnya, kebanyakan turis mancanegara yang datang ke Luwuk adalah para penyelam yang mengetahui keberadaan beberapa spot lokasi penyelaman yang sangat indah di daerah Luwuk seperti di Tanjung Api. Dengan beberapa spesies ikan endemik daerah Banggai.

Beberapa tempat menarik yang dapat anda kunjungi di kota Luwuk sendiri adalaha Kilo Lima sebuah tempat rekreasi keluarga berupa pantai yang landai. Banyak dikunjungi masyarakat setempat pada hari libur dan hari Raya.  Disekitar pantai yang jernih dan tenang ini banyak cafe yang menjual makanan khas penduduk setempat seperti pisang goreng plus dengan sambal gorengnya dan saraba, minuman seperti susu dengan rasa jahe yang kuat. Anda juga dapat mengunjungi air terjung yang terdapat di bukit sekitar kota Luwuk, air terjun Hanga hanga dengan debit air yang tinggi ketika musim hujan dan air yang jernih.

Di Luwuk banyak terdapat restoran ikan bakar dengan ikan segar tangkapan di pulau sekitar. Anda dapat mengunjungi rumah makan Maros, menyediakan ikan bakar dengan sambal dabu-dabu. Jika anda seorang penyuka seafood sejati datanglah ke Luwuk. Ikan Kwe, Kakap Merah, Bobara, Kerapu dan Sotong tersedia segar disini.

Melanjutkan perjalanan anda ke kota kecamatan Toili sebuah kecamatan yang cukup hidup dengan penduduk yang berasal dari pulau Jawa dan Bali, generasi awal mereka mulai pindah dari Bali tahun 1963 ketika terjadi letusan gunung Agung. Mereka di bagi menjadi beberapa kluster transmigran yang disebut unit hingga sekarang sudah ada 31 unit transmigran. Di unit transmigrasi Bali kita akan banyak menemui bangunan khas penduduk Bali dengan puranya.

Suhu : 24 – 30 C. Musim hujan April – September. Oleh oleh : Ikan asin Kerapu dan Roa-roa asap.

About these ads

Komentar»

1. sentree - Agustus 5, 2007

Jay,

Iya, masih ingat dengan masa2 indah di Luwuk, dimana kita semua berburu barang bekas,

Terus makan pisang goreng pake sambel di pinggir Kilo 5, asik yah,

Kapan lagi bisa kesana ..???

2. tonysunarkho - November 7, 2007

Luwuk sekarang udah bisa di akses udara dari Makassar dengan 2 Maskapai.
Merpati Nusantara Airlines dengan Pesawat F-100 dan Trigana Air dengan Pesawat ATR-42.

3. tonysunarkho - November 7, 2007

Bandara Bubung terletak 13 KM arah Barat kota Luwuk.
Jarak Udara Luwuk-Palu dengan Pesawat Cassa 212 ialah 80menit.
Jarak Udara Luwuk-Manado dengan pesawat Cassa 212 juga 80menit.

Jarak udara Luwuk-Makassar dengan F-100 ialah 55 menit.
Jarak udara Luwuk-Makassar dengan ATR-42 ialah 90 menit.

4. puji sidharta - November 9, 2007

Terima kasih untuk infonya

5. William - November 23, 2007

Info terbaru, mulai Desember, Trigana akan mengoperasikan Boeing 737-200 untuk rute Luwuk-Mks.

Merupakan satu-satunya Ibukota kabupaten di P. Sulawesi yang telah memiliki Bandara yang dilayani oleh Pesawat Jet. Sering penuh pula padahal harga tiketnya lebih mahal dari Palu-Mks dan tanpa subsidi dari Pemda.

Luwuk banyak berubah dibandingkan 2 taon lalu. Taon 2010 pasti lebih beda dari tahun ini, datang ke Luwuk yuk.

6. hanung665 - Desember 5, 2007

bagi yang mo jalan2 dan butuh info2 terkini tentang kota luwuk bisa saya bantu carikan info..for free..:-)

@william
tinggal di luwuk juga?

btw, salam kenal semuanya :-)

-hanung665-

7. adhikara - Desember 5, 2007

saya pengen nyari temen temen saya diluwukl alumni sma 1 luwuk lulusan tahun 1998 klas 3 ips 1.kalo ada hub dicka di dickascooter@yahoo.co.id

8. puji sidharta - Desember 6, 2007

@hanung665
terima kasih info Luwuk buat teman-teman semua

9. Awal83 - Januari 4, 2008

kota yang tak banyak ditau tapi menyimpan seribu keindahan, I Love u my city “Luwuk”….

10. sulton - Januari 14, 2008

minta tolong informasinya doong ..

penerbangan jakarta ke luwuk ada ga ?

selasa, 16 januari 2008 rencana nya aku mo kesana

trims …

11. dadung - Januari 24, 2008

menurut saya bahasa yang dipakai dan penduduk asli luwuk salah, karna yang di pakai dialek luwuk bukan bugis, beda lebih mirip dialek manado kon (lalu) de(dia) pe(punya) penduduk asli saluan tapi so (sudah) ta(ter) campur bagi tu jo barang kali

12. dadung - Januari 24, 2008

oh ini data asli dari pemkot: suku asli kota luwuk yakni suku Balantak, Saluan, dan Banggai (red-sebelum banggai menjadi kabupaten sendiri). mereka dapat berinteraksi dan berbagi dengan suku pendatang seperti Gorontalo, Makassar-bugis(sul-sel), Jawa, Buton-muna-raha(sultra), Mori(poso), Kaili(palu-sekitarnya), Manado dan Tionghoa

13. riskan - Februari 4, 2008

maw praktek ke luwuk neh…
mudah2an ja succes
….

14. pepel - Februari 18, 2008

kangen luwuk euuuuuuii…
buat pemerintah luwuk tolong diperhatikan tata kota luwuk dan objek wisata kilo 5 kok tambah jelek..kelihatanya t teratur..
buat pak ma”mun amir sebagai bupati tolong lbih diperhatikan kinerja dinas2 yg terkait dlm pembangunan kota yg kita cintai..
kayaknya pembangunan kota luwuk nda ada perkembangan yg signifikan semenjak pak ma”mun yg jdi top leader diluwuk..

15. pepel - Februari 18, 2008

ini bkan protes ya..cm masukan aja..spy kota yg kita cintai bsa maju dan berkembang..nda ada mksd lain….
salam sayang buat masyarakat luwuk…

16. indira - Maret 14, 2008

Aku baru di luwuk 2 bulan, enak juga disini..penduduknya juga wellcome.., kilo 5, teluk lalong wah..indah..sayang penerbangan makasar luwuk terhenti per 18 Maret 2008..

17. I KETUT KARNO - Maret 15, 2008

SALAM BUAT TEMEN-TEMAN DI LUWUK. ALUMNI…..SMU KATOLIK LUWUK ANGKATAN 1998…. AKU KANGEN SUASANA KOTA LUWUK,MAKAN IKAN BAKAR, KILO 5… DAH LAMA AKU TINGGALIN LUWUK… AKU LAHIR DAN BESAR DISANA….? SEKARANG KERJA DI SURABAYA DI BJTI… KLO ADA TEMEN DARI LUWUK… SILAHKAN KOTEC AKU.. AJA…

18. deddy reynold - Maret 18, 2008

kangen luwuk…. trakhir taon 94′.. slm bwt org lwuk smuanya….

19. deddy reynold - Maret 18, 2008

pgn cuti.. pulg ke luwuk….kl 1, soho, karaton, kl 5…..
da brubah banyak kalii ya……

20. deb - April 4, 2008

masa sih penerbangan luwuk makasar didelet…g bs plg donk T_T
gw baru taw ternyata kt py web bwt info all luwuk..
btw dgr2 smu 1 lwk adain lomba logo..
bnr g sih???n almt emailx ada g?
alumni smu 1 luwuk

21. sonny - April 23, 2008

Halo,

salam kenal .. ;)

Luwuk.. hmm sebuah kota kecil penuh kenangan..
Dulu, saya dgn saudara + ibu & bapak.. pernah tinggal di kota ini. Tahun 1981 sampai 1990 (Bapak saya waktu itu menjabat sebagai Ka. Telkom Luwuk).
hehehe.. kota ini benar2x “surga masa kecil” buat saya dan kakak2x saya. Rumah kami waktu itu tepat bersebelahan dengan rumah Bupati Luwuk..

Karena kecilnya kota ini, bisa keliling kota dengan jalan kaki :)
hehehe.. benar2x kota kecil yang nyaman..

Kami sekeluarga hijrah/pindah ke Makassar tahun 1990an..

Sekarang kami sekeluarga tinggal di Jakarta :)

Salam Hangat Kota Luwuk :)
Salam “Penuh Kenangan Indah Masa Kecil” :)

22. sonny - April 23, 2008

Tempat2x kenangan buat saya pribadi selama “masa kecil” di Luwuk :

a. SDN Pembina
b. Pantai Kilo Lima
c. Kilo Tiga, tempat makan jagung bakar.. tepat diatas tebing yang menghadap ke laut
d. Kampung nelayan Mahaas (tempat beberapa orang teman SD saya, sekaligus tempat beli nasi Jaha)
e. Air Terjun Hanga hanga
f. Tanjung (tempat “Bencong” jaman dulu .. hahaahaha..)
g. Lapangan bola di Kilo Satu (bapak & karyawan Telkom biasanya berolah raga ke t4 ini)..

hm.. masih banyak lagi.. cuman sudah lupa nama tempat / lokasinya..

Kegiatan masa kecil di kota Luwuk yg paling berkesan : Berbulu belut / sogilie saat malam hari, di sepanjang selokan kota Luwuk yang airnya sangat bersih dan jernih, serta mengalir deras..

hehehehehe.. jd kangen dengan kota Luwuk..

23. Alwin Palalo - Mei 6, 2008

selamat untuk kota luwk,.semoga tetap aman,indah rapi….!!!salam buat kawan2 alumni MAN Luwuk khususnya kwn2 PII Luwuk dari Alwin Palalo…sekarang berdomisili di Banda Aceh

24. Alwin Palalo - Mei 6, 2008

spesial for : Alkaf,sukron onge, lasinta olu, ayudin, ismail, arifana, fatmawarti, fitria halim alias cipit, oe alias umar,busra, herawati, ida m longoi..n fani irmayanti dan semua kawan2 angkatan 2002 di MAN luwuk salam dari alwin palalo….or da kawan2 yang kenal minta donk no kontaknya…hub alwin di..085277086532/alwin_zarrah@yahoo.com

25. adjie - Mei 11, 2008

ebeehhh….. kapan lagi mobakumpul-kumpul dengan tatu, dan om sondek..!!! thnx ya informasinya..!!! “TOP BGT”

26. evie - Mei 13, 2008

halo..please help ada yang tau gak alamat kantor kecamatan dan banggai berserta no tlp nya…..saya sudah cari2 di website gak ada…thanx

27. Herjun JP - Mei 14, 2008

Kota Luwuk, … Nyanda bisa dilupain disana kitorang besar dan gode. Luwuk kota air makanya pernah banjir di Naas semoga ga naas sesuai nama.
Kitorang diluwuk maih dimana luwuk masih natural alias alami, jalanan masih aspal batu tapi pas tinggalin luwuk dah di aspal buton skr torang dah tinggal di Bekasi dan berkeluarga.

Torang pe ortu : Salmen Purba SH ( ex Hakim di Pengadilan Negeri Luwuk )

torang pe sejarah di Luwuk
TK Bhayangkari luwuk 1977-1983
SDN 2 Luwuk di Soho 1983-1986
SMP 1 Luwuk 1986-1987

terus kitorang pigi ikut ortu ke Kalteng.
Torang pe tinggal di Kilo Satu kampung bungin di Komplek PKK tepat nya di B 80 A itu nomor rumah, apa masih ada ga ya perumahan PKK..???

Masa kacili ingat kote di Luwuk, di kilo satu ada Dano namanya Kontraan… trs ada pelabuhan di kilosatu masih ada ga ya????

trs pertama kali TV masuk di kilo tiga, barame rame org baliat kesana, maklum baru pertama kali.

Trs mo makan jagung bakar dan rebus datang jo ke kilo 3 trs ke kilo sapulu mandi-2 disungai kalo trs bisa ke Bunta dan Pagimana.

Trs kalo ke arah bubung ada kilo 5 mandi-2 air laut… dulu masih alamai nyanda ada pembatas skr so ada karena suka merembes ke jalan raya ke bubung.

Masa kacili, rambutku merah kayak belanda jadi suka dipanggil orang belanda karena sukamandi di Kontraan dan laut dibelakang rumah hanya sejauh 100 m.

Kemudian main perang-2an kadang lawan anak tentara, kadang lawan anak polisi dan kadang lawan anak kilo satu.

Aku ingat namanya karel ini nama temanku (org Luwuk)… senang ketawa mulu, aku ingat dan ga lupa ama ketawanya sampe skr… aku kena lemparan batu akibat perang-an kena tulang kering batu… eeehh karen ini… dari kena sampe selesai perangan ketawa mulu, .. wah ini org bukan di tolongin malah diketawain.

Ingat juga sama makanan khas luwuk, sebenarnya sich dari gorontalo yaitu binthe miluhuta… asik tenan… apalagi yg ada di kilo satu… ga ada duanya.

Yang paling tragis adalah saya pernah terbalik perahu di laut di kilo 3 karena mancing dan terbalik di johnson karena kelebihan penumpang krn antar penumpang naek kapal.

Adikku dua lahir disana Ira dan ingrid mrk TK di dekat Dr.anurantha ini dokter top dulu thn 1980an karena dokter keluarga.

Luwuk mang top bangat yach… nga ada duanya
Sekian dulu yach, ntar disambung lagi

regards

Herjun Jurisanto Purba
dulu dipanggil ” Abang”
Kerja : Sbg Konsultan Solusindo ERP
imel aku : herjun_JP@yahoo.co.id

28. puji sidharta - Mei 17, 2008

Untuk semua yang punya memori kota Luwuk; secara kebetulan saya mendapat tugas dari kantor dari tahun 2002 sampi terakhir 2006. Walaupun tidak secara terus menerus tinggal disana, datang dan pergi tetapi saya merasa beruntung untuk dapat datang ke Luwuk. Lebih banyak tinggal di kecamatan Toili karena memang disana tempat bekerjanya. Tetapi jika ada waktu senggang walau sehari langsung meluncur ke Luwuk.
Hampir sebagian besar negeri ini sudah dihampiri, Indonesia memang indah dan Luwuk saya rasa memakili indahnya. Best corner ketika harus masuk lokasi pengeboran Maleo Raja, karena dibelakang base camp ada sungai dangkal yang mengalir jernih.
Apa yang membuat ingin kembali; pantai dengan nyiur yang masih terjaga.

29. RUDY DAHLAN - Mei 28, 2008

KOTA GUE YG INDAH/ SAPE KAMPUNG YG GAGAH

30. RUDY DAHLAN - Mei 28, 2008

so rindu sekali mo pulang ka luwuk andala ebee pe jaoh jo

31. Delfita_ePHi - Juni 3, 2008

Kalo inga Luwuk brarti qt inga lipatan 4.soalx qt p t4 dipagimana jd kalo mo pigi diluwuk harus lewat tu jalanan..n dijamin bisa bkin puyeng alias mabo’..he..he..

32. faisal matuangi. batam 10 juni 2008 - Juni 10, 2008

apa kabar taman2 diluwuk , kita anak luwuk, tape t4 tiggl di samping terminal biak…qta skrg ada dibatam.buat orang2 luwuk kalo mobekeng itu nasi jaha’ tolong paket akan kamari paqita dibatam jgn banyak2 biar cuma sapuluh bambu saja… oke….dan buat anak2 luwuk yg ada dibatam, kalo ada mobekeng acara ba “onyop” jgn lupa panggel’akan kamari qita. kasian… solama qita te’ ba “onyop”….orang bilang so aus den onyop…..oke…..

33. IRMAWAN - Juni 18, 2008

LUWUK KAMPUNG SA PE KOTA KECIL YANG BERSIH AMAN INDAH RAPI(BERAIR) ASAL JANGAN BANJIR.INGA WAKTU BA POTAS, MON SO’O, MONLAPAGI MIAN……………LUCU

34. siswoyo - Juni 21, 2008

wah jadi ikut kangen dg kota ini, sy dulu siswa sma2 luwuk th 1982-1985, insyaallah bulan juli ini aku mau main mampir ke luwuk sblm ke toili. salam semuanya

35. erik - Juni 24, 2008

kura-kura mo ngucapin met pagi luwuk tapi sayang jalannya lelet jadi met paginya nanti malam ini baru bisa diucapin?< kapan lagi ta mo pulang sana e ???????????? huam ngantuk bangaets neh, nanti jo kita pulang dalam mimpi!!!!!!!! kukuruyuk dah pagi neh!!!!!! koq te ba mimpi-mimpi juga berarti nggak jadi balik, padahal sa so rindu sakali sama dp ikan bakar, deng depe .<

36. irvan - Juni 26, 2008

Beee…
sa sorindu deng luwuk…
kapan mo bale bawa istri,,,
hiks.hiks…hiks…
oh iyo buat teman2 yg ada di mana aja kalo boleh kita kumpulkan jadi satu.. neeh ane pe fs irvan agustiansyah ok e-mail irvan_bri2yahoo.com

salam 4 samua………..
capat2 jow jadi SULAWESI TIMUR….

37. Alwin Palalo - Juli 3, 2008

ya saat ini baru tarasa kalaw luwuk itu menyimpan sejuta…kenangan!!

38. Doe - Juli 11, 2008

Hi Orang Luwuk….
Deddy Reynold? Nainggolan bukan?

39. Doe - Juli 11, 2008

ehhhh bukan nainggolan tapi lagona kan???

40. Evi Retno - Juli 21, 2008

pa kbr semua,aq kenal kota luwuk coz ortu kerja disn, dr manado diboyong 1 keluarga ke Luwuk naik kapal barang, bayangin rasa asin en ombaknya..mana ng punya kenalan alias teman,jdlah kita semua kyk wrg asing…tp masyarakat luwuk begitu baik dan sangat sosial banget,jd kayak sodara…aku lulusan SMP Neg 1 luwuk thn 1991en SMA Neg 2 thn 1994 ( mdh2an msh ada yg kenal deh disana)…teman2 ku dah pd menikah tuh,oh ya yg testimoni Deddy Reynol itu temanku dari smp smpe sma, ketemu pas dijkt (wkt itu aku jg krj dijkt) skrng aku krj di Makassar..Dah lama mau balik ke luwuk nih…mudah2an taon 2008 ini terwujud..
oh ya namaku : Evi Retno Nuryulianti , dulu rumahku di atas kantor PDAM ( RS lama no.456) skrg jd Ktr Dinas Pariwisata ( jika ng salah yaa )..Aku juga lagi cari2 teman SMA Neg 2 Luwuk lulusan 1994..kali ja mo adakan reuni…
I love that city…if ada yg mo kenal boleh aja kontak aku di 0818-07078410 en E-mail : pruelia@yahoo.com atau ke yulia@aldyika.com

41. iin - Agustus 18, 2008

hallo pa kabar salam hangat buat semua, wah seneng juga setelah lama kutak-kutik ni google baru ketemu dech forum khusus orang luwuk hehe ntung da hotspot ni kantor so gak takut putus tengah jalan kalo lagi asik internet
saya alumni SMU negeri 1 Luwuk tahun 1997, ninggalin luwuk sejak lulus smu jadi dah sebelas taunan ya. sekarang menetap di Tangerang kerja di RSU Tangerang.
Dan kasiannya belum pernah ikutan reuni yang katanya belum lama ini diadain hiks hiks sedih banget padahal pengen ketemu ma temen lama. moga aja ada yang masih ingat setelah baca tulisan ini.

iinqadirati@yahoo.com

42. ing - Agustus 23, 2008

hi pa kabar semua, senang banget nech ketemu blok khusus kita orang luwuk hehehe. ikutan gabung ye….
saya alumni smu negeri 1luwuk angkatan 1997 jurusan IPA 1.sejak lulus dah pergi merantau ninggalin luwuk, sekarang ini saya kerja dan menetap di tangerang. kalo pas lagi bete trus macet jadi ingat luwuk yang adem hehehe…..
pengenya sih kalo ke luwuk pas reuni gitu jadi rame kan….
Kale aja da teman seangkatan yang baca tulisan ini mo ngasih kabar kapan sich ada reuni?
katanya belum lama ini pernah di adain….yang akbar lagi ……. ya sayang sekali saya gak dapet kabar tepat waktu
oh ya kalo ada kabar-kabar baik tentang smansa kabari ya kawan…

E_mail : iinqadirati@yahoo.com

43. t_ZAr,, - Agustus 30, 2008

b baca tman2 p mesej, bkn rindu mo pulang,,
LUWUK the Best lah,,,

dgr2,,
kafe2 di kilo 5 so t ada,,
btul iyo??

so lama t pulang luwuk,,
tp mdh2an bisa plg natal 2008 ini,,

ADA YANG MO B TITIP????

44. RigMa - September 25, 2008

salam buat alumni SMA N 2 Luwuk dimana saja berada….miss u all !
kapan reuni ????
rigma – semarang

45. RigMa - September 25, 2008

Buat k Alwin
Calon Presiden BEM situ e….

dari saudara serantau

46. Wiwiek Dwi Endah. S, atau Endah - September 29, 2008

Hai aku Wiwiek Dwi Endah. S, tapi teman2 sekolah di Luwuk lebih mengenal saya dengan Endah. So…hanya teman2 di Luwuklah yang memanggil saya dengan nama Endah. Saya sendiri pernah tinggal di Luwuk cukup lama. Saya bersekolah di SDN Pembina, SMPN 2 Luwuk n SMAN 1 Luwuk. Tapi sejak bokap meninggal pada 1991 lalu, kami hijrah ke Palu. Tapi sekarang saya dah tinggal n bekerja di Jakarta. So bila ada teman2 Luwuk…kontak aku dong di 0815 965 7648, atau email ke wiek_24@yahoo.co.id. Ta tunggu yo…..
Untuk Sonny, aku ingat banget, kau itu teman sekolahku sekaligus tetanggaku. Aku tinggal d rumah ke 3 dari rumahmu yang juga deretan rumah Bupati Luwuk. Masih ingat gak??? Dulu kita sering ledek-ledekan, he, he, he, tapi itu dulu waktu kita masih kecil. Tapi kini kita kan dah sama2 dewasa……Eh tinggal di Jakarta jg ya? Dmn? Klo aku di Duri Kosambi, Cengkareng. Kontak aku dong, karena rencana mo ada Halal Bi Halal anak2 Luwuk Banggai. Ku tunggu yo……..

47. sabri alumni smansal 08 - Oktober 16, 2008

hai sobat-sobatku anak smansal 2008.
salam sayang…
buat semuanya
jangan lupakan aku yah..
khusunya teman-teman yang di jawa
ingat kampung boo.
imbo mo

48. sabri alumni smansal 08 - Oktober 16, 2008

e.. ada yang lupa
buat temen-temen semuanya
ingat tahun depan harus pulang..
awas…
jangan lama-lama sama orang pe kempung.
ingat
momposoangu tanaa mombalakon tano..
e, cman informasi aja aku sekarang udah bisa blajar loh.. en udah ngak keluar malam lagi
maklum anak akper…(boleh bg2)
kasian slama 1 tahun di asrama…

49. Nugrah Yatna Utama - November 7, 2008

Luwuk nan jauh disana namun tetap mengikat dan membuat hati ini untuk kembali menilik dan mendatanginya,wah……..baru sadar sudah hampir 2 tahun tinggalkan kota tercinta ini………..semoga tetap jaya dan berada pada jalur positif demi pembangunan kota luwuk yang kita cintai………semoga.

50. Nugrah Yatna Utama - November 7, 2008

Salam buat Alumni SMAN 2 luwuk dimana saja…..beserta Ibu dan Bapak gurunya…….,salam kembali buat saudara2 aktifis Islam di Kota AIR Luwuk terkhusus PK PII SMAN II Luwuk dan PD PII Luwuk Banggai,semoga jiwa kritis dan progressif dari kaum muda luwuk mampu membangun Luwuk menjadi kota yang memiliki bergaining yang besar di Sulawesi dan Indonesia,salam perjuangan dan salam pembangunan buat Kota AIR Luwuk.

51. moh. ikbal suhuri, AMDK - November 10, 2008

salam kenal buat semua teman-temanku yang dari luwuk,
terutama untuk dedi pha kabar, kapan ngana mo pulang, ngana pepapa sorindu, jangan sampe ngana somo dibuang karna te pernah pulang, trus untuk evi retno gimana khabarmu, apa ada sehat-sehat, aku ingat bokapmu kalo keluar rumah mau kekantor DPR biasanya motor vespanya sering ngadat kalo di stater… hahaha
evi… ngana so kawin??? trus berapa anakmu sekarang, trus itu ramblan kinapa dia t’pernah pulang?
ok deh… kapan main keluwuk semuanya…

kontak deh aku :
email : inwas_beben@yahoo.co.id
web : http://www.luwuk.wordpress.com
hp : 085241322218

52. Jumrans - November 11, 2008

Luwuk……. luwuk………dan luwuk.
suatu daerah yang selalu rutin saya kunjungi.
saya baru selesai melaksanakan perjalanan ke kota luwuk 4 hari yang lalu.
saya sangat hafal sekali keadaan kota dan pelosok2nya.
saya senang dengan keindahan alamnya.
makanan yang masih segar2.
itung2 udah lebih 10 kali saya ke luwuk dalam 2.5 tahun terakhir.
harapan saya, semoga saya dapat tinggal disana.
walau bukan asli luwuk, namun saya punya harapan untuk menetap di luwuk.
sampai jumpa lagi luwuk!!

53. Jimmy Alimun - November 12, 2008

ternyata memang butul orang bilang, kalo so dapa minum aer luwuk pasti dia mo bale ulang klwk. kalo sa baca ini email samua banyak yang bukanorang asli luwuk, tapi dorang so macam lebe asli dari yang asli luwuk. kalo bagitu…..mari torang perjuangkan luwuk supaya jadi provinsi sulawesi timur biar lwk cpt berkembang…. ok…

54. Muhammad hafidz - November 13, 2008

hai nama sya muhammad hafidz, saya pernah tinggal diluwuk,saya pernah sekolah di sd cokroaminoto,sd negri unjulan,smpn 7,pada tahun 2000 saya pindah ke lampung karena om pindahtugas.kalo ada alumni2 sd cokro thn 2000 harap contac dong,sekarang gw tnggl di Bekasi.

Email : austrex.hafidz@Gmail.com

.

55. NoNi_fARiZa - November 13, 2008

luwuk kota berair……..
indah bunget
my love village

56. rigma - Desember 2, 2008

kapan ya bisa menginjakkan kaki lagi di sulawesi?khususnya kota luwuk!!!hmmmm semoga dalam waktu dekat
buat alumni SMAN 2 salam kangen. buat para pejuang dakwah kota luwuk keep spirit.
sesuatu akan terasa berarti ketika kita jauh darinya……

57. ebhy - Desember 4, 2008

hy….sokgeeeeen sx dgn luwuk pgen plg mdh2n 2009 bs plg

58. RaRa_SaiD - Desember 7, 2008

LUWUUUUUUUUUUUUKKKKKKK……………………………

t ad yg bisa mo tanding dp gaga…

hhh….
ba baca smua mesej di atas, bkn sa sk cpt2 mo pulg..
pdhl br 6bulan kse tgl luwuk, tp lgsg taras dp rindu..
bgm tdk,
di semarang sa jrg mkn ikan segar..
so rndu sX mkn ikan nakar deho,cakalang,bobara denk dp dabu2, br ikan woku, kua asam,..
br dp suntung( masih musim io??)
huhh… itu!! so lapar ehhh…

eio, dp mall so jd??
br bgm kbrx kilo5???
kmrn pas sa pg so tgl sabalah,
jank bilang kl so abiss…

br dbilang dp jalan lingkar luwuk so jd..?
tp knp kon smpe longsor bgtu…
ehmmm,,
bwt pemerintah nih,
kl mo bngn kota jgn lupa ya ingt2 UNDANG2 TATA RUANG NOMOR 26 TAHUN 2007..
jank smpe RTH di luwuk abis…

oio,
bwt taman2 smw anak SMANSA AGKTN 2008,
saso rindu km smua…
kpn bs ketemu lagi???
mudah2an km t lupa ma sy…
hehehe….

oio,
trakhir..
scra toh besok lebaran,
samo bilg MINAL AIDIN WALFA’IDZIN..
MOHON MAAF LAHIR BATIN..
(behhh… jadi ta ingat mesjid Agung ehh…)

59. mega - Desember 7, 2008

wah wah….,seru juga komentar-komentarnya
ikut nimbrung ah,,,,
salam kangen buat teman teman luwuk.buat anti,k yuli,anak anak SMANDUL,anak MAN luwuk dan lain-lain yang merasa jo.ok????
Alumni SMANDUL 2008

60. RaRa_SaiD - Desember 7, 2008

LUWUK IS MY BELOVED CITY…

MY PEACEFULL CITY WHEN I GREW IN…

I NEVER GONNA 4GET LUWUK..

STILL IN MY MIND AND MY SOUL…

LUWUK…..
I MISS YOU…
^_^

email : farah6119@gmail.com
FS: frasa_palace@yahoo.com

61. Ikhi - Desember 10, 2008

Luwuk kota yang kecil tapi penuh kenangan..
pokoknya kalau udah hari jumat ma minggu pualing enak nongkrong di kilo 5 sm teman-teman.. kalau malam minggu coba nongkrong di keles..
wiiii……….. viewnya kren abis, tapi jangan heran kalau malam minggu di keles banyak orang pacaran.. soalnya tempatnya gelap…
Ha…Ha…Ha…

62. yhuga - Desember 10, 2008

luwuk banggai…kota yang terletak di kepala burung sulawesi
daerah yang indah,heterogen penduduknya tapi tak pernah ada hal-hal yang menganggu kedamaiannya…
tinggal di luwuk banggai,layaknya tinggal di negeri impian..
keanekaragaman hayatinya banyak dan beraneka ragam
TAPI…..
akankah itu akn bertahan seiring kebijakan PEMDA yang berbasis eksploitasi menyeluruh.
tak pandang bulu,walaupun ekosistem alam akan terganggu?

63. NOVA DAHLAN - Desember 11, 2008

Bukan cman jakarta aja bisa dibilang kota yg indah tapi LUWUK Jg adalah KOTA Yg DaPat MeNyErUpai HONGKONG Yg INDAH pd Malam Hari,,,,
BeGiTu BUaNYaK PeMAnDaNgaN Yg MenAkJUbKAn KyK 7 KeJaiBAn DUNia,,,,ha,,,,,,ha,,,,,,ha,,,,ha
Banyak orang yg menertawakan kota yg kecil di pinggiran pantai,,,,,tapi begitu mereka menginjakkan kaki di SANA di JAMIN pasti tdk akn Lg TerTawa,,,malah sebaliknya akan timbul kata kapan lg balik ke sini,,,,,
kalau Bandung Kota HUjaN,,,,,PALU koTa 9 MATAhaRi,,,JAkarta Kota metropolita, ,,,manado kota tinutuan ,,,,,

TApi LUWUK beda dari yg lain,,,,,KOTA BERAIR……….

KAPAN BALIK ke LUWUK yACh,,,,,,pengen balik ke LUWUK,,,,

HiKs,,,,,HiKs,,,,HiKs,,,,HIks

HIDUP SULTIM!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

64. bonie - Desember 12, 2008

salam kenal,
saya akan melakukan perjalanan ke luwuk sekitar maret-april.
apakah pada bulan itu cuaca masih bagus di luwuk?
adakah yang mempunyai info mengenai hotel di luwuk (harga, lokasi, akomodasi)?
thanks

65. Aie pandar - Desember 18, 2008

Luwuuk…
Kota yg dp siang panas sx..tp dp malam p dingin butul…
Tp biar bgt luwuk ttp is the best..

Eh..iy..msh ada i2 istilah “MANINGGAL JO”.??

Mdh2 lwk jd tmbh maju..

Yg plg spesial buat ank2 band luwuk..
Mdh2an tmbh brkembang..jgn cm ikt2 d fstival2 sj..
Hrus cipta lgu..cz ank lwk skilx bgus2..

66. Rizal - Desember 20, 2008

Salam jo dari jao for anak-anak karaton…
Budi, aji, aan, ewin, dll…

Kangen ba kumpul-kumpul macam dulu lagi…

Masi ada cap tikus kang?

Skarang kita dijakarta…
kalu ada yang masi penasaran…bisa kontek ka chaly(at)reader.chip.co.id…

Atau add atik pe YM….chaly_doank(at)yahoo.com…

So rindu skali deng Luwuk…Banggai…Batui…. :(

67. nugrah yatna utama - Januari 1, 2009

alhamdulillah…………..lama tak pulang akhirnya kesampaian juga, sekalian `idul adha di kota luwuk juga,tapi yang cukup mengherankan pembangunan tidak bijak,arif dan ramah terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitar kota luwuk, sebagai contoh pembangunan jalan raya……di atas kota Luwuk,mungkin saja tanggapan ini paling tidak di baca dan di respon oleh pemerintah daerah kita,moga-moga saja, buat mahasiswa se-kabupaten banggai kritik dan saran untuk daerah kita sangat di perlukan………sungguh sangat-sangat di perlukan,salam khusus buat,keluarga,teman seangkatan eks SMA 2 luwuk dan saudara saya kader-kader PII di seluruh kabupaten banggai,moga ketemu lagi yah…….

68. joshua purba - Januari 15, 2009

kapan ada acara orang-orang luwuk di jakarta
kontak di 021-71433261

69. arman sahti - Februari 8, 2009

kangen neh,,,, pengen ke luwuk…

kapan lagi ya ….????

70. arman sahti - Februari 8, 2009

luwuk banggai bagiq sebuah kota yg sangat indah
Gw memang bukan orang asli luwuk tp dit4 itu banyak kenangan yg tak terlupakan dan sangat menentukan terhadap masa depanku skarang..

aq datang keluwuk februari 2000 dan ninggalinnnya bulan april atau mei taun 2003

kedatangan Gw pertama kesana disambut gempa bumi taun 2000 abis itu sy keposo 6 bulan u/ pengamanan kerusuhan disana

wah luwuk itu kota yg sangat indah katanya seperti hongkong ..
ada t4 yg paling indah diatas puncak agak lupa saya namanya klo kita duduk diatasnya akan kelihatan semua pemandangan yang ada disana wuih … so beatiful…
sampai skarang kerinduanq u/ kembali kekota itu sangat besar mungkin pas PTIK kali ya..klo ada wkt main kesana ??

71. Daniel Galih Werdhanaya - Februari 26, 2009

Tahun 1995 saya tinggal di Luwuk selama setahun, hampir semua tempat pernah saya kunjungi dari batui sampai Balantak, Solan dll. Kenangan Indah banyak terjadi di sana. Sekarang mungkin Luwuk sudah jauh lebih indah.

72. adi fathoni - Februari 26, 2009

halo semua LUWUK lovers
sya dlu lahir n besar luwuk tp skrg udah pindah k’jakarta
kurang lebih udah 8th putus hubungan sm org2 luwuk
kalo ditanya tntg luwuk,udah gak ada jwaban lg slain kangen banget bisa k’luwuk,bisa mangoyop,mkn sinole,ka kilo5,mambual,dll
oh iya mudah2an teman2 ada yang alumni sdn pembina lulusan 2001
kbetulan dulu pas pindah sya engga ngasih kbr sama tmn2
kalo ada tlong contact di 085694877758
ato add di facebook ato friendster di brum2_teet@yahoo.com
thx,miss u all,specialy for friends of mine of sdn pembina
_husnul,panji,afdil,syahrial,putra,yuyu,reni,nindy,ika,agus,dll_

73. FAISAL LABELO - Maret 14, 2009

Tmn2 yang so marantau jauh jangan lupa ingat pulang bangun kota luwuk tercinta. buat alumni SMAN I Luwuk angkatan 05 mdh2an komunikasi akan slalu terjaga n torang tetp baku ingat satu sama lain. jadi klo yang so sukses so jadi orang jangan lupa baku ingat teman yang lain biar torng bisa sukses smua. Yup GO FREEDOM n Hidup DBS

74. anak luwuk asli - Maret 29, 2009

L = lucu masyarakatX

u = unggulan dalam segala hal

w = wajah perubahan masa kini

u = ujung tombak sulteng

k = kekeluargan di jujunjung tinggi,,,btul ga,,,

luwuk,,,the best place on this world,,,

if u visid,,u can’t out,,

75. renz_aliyah - April 1, 2009

assalamualaikum… sya baru membaca tentang luwuk memang saya ada tarikan mau pegi sana, skrg saya berada di sabah malaysia.

76. Ellery van Gobel - April 2, 2009

Halo Luwuk lovers. Ada yang (atau kenal) alumni SMAN I Luwuk angkatan 1987/1988/1989 kelas A1, A2, A3 dan A4 (pikir2 kayak ukuran kertas ya?)? Saya anak Luwuk dulu dulu, tapi so te’ pernah pulang kampung. Terakir thn 1995, tinggal di Karaton Jl. Nusantara, tiga rumah di sebelah rumah Bupati. Rindu ingin ketemu dgn teman2 Alumni SMA I Luwuk, reuni atau paling tidak baku kontak via facebook, YM dsb. sambil mengenang jaman “lompat pagar” alias “bolos sekolah”. Walaupun tahun 1980 /sd 1990 SMAN I Luwuk seperti SMA Penjara krn dia pe pagar tinggi, dia pe Kepsek (Pak Patandung) killer bgt, tapi terbukti saya tidak manyasal menuntut dasar ilmu di SMAN 1 Luwuk dibawah pimpinan Pak Patandung tercinta. Setau saya, banyak sa pe senior2 SMAN 1 Luwuk jadi orang sukses di rantau. sukses. Kalau ada yang baku kanal, bole kontak saya di: elly_adventure@yahoo.com. Trims

77. vian - April 2, 2009

LOewoek

the Rock n Roll city_

78. Agus Maulani - April 5, 2009

Halo semua…LUWUKers
aku Agus Maulani, dari umur 1thn mpe kelas 6 SD di Luwuk. TK Pertiwi, SDN Pembina. Lum sempat lulus dari SD Pembina kira2 thn 90 aku pindah ke Serang – Banten mpe sekarang. Kangen ma luwuk, kota masa kecil yg indah. Tempat2 kenangan banyak. Pengen satu waktu bisa kesana. Ada yg punya foto2 kota luwuk? Terutama foto TK Pertiwi, SD Pembina, lap. Bumi Mutiara, Kilo Lima, Gedung DPR, Gdung Bupati, Rumah Bupati (dulu sering main ma anaknya, Ismail namanya), Kilo 3, Pelabuhan, Masjid Raya, Pertokoan, Shoping Centre dekat pinggir pantai teluk, lap basket dan tenis dekat rumah bupati (lupa namanya), got-got tempat nyari sogili kalo pulang sekolah hehehehe. Tapi itu 20 thn yg lalu, pasti dah ga sama yah…

79. badar - April 20, 2009

hai para luwuk ers, kenalkan nama saya Bahdeur Maulana, biasa dipanggil Badar, saya tinggal diluwuk sejak tahun 1978 sd 1990, dulu saya sekolah di TK Pertiwi dan SD Pembina, sma saya lulus angkatan 97 , saya ingin ketemu lagi dengan teman-teman SD saya dulu, soalnya naik kelas 6 SD saya pindah ke jawa, bagi teman-teman yang seangkatan saya di SD pembina, mohon kontak saya yah… di badarmaulana@yahoo.com, thanks a lot

80. PRISILIA - Mei 19, 2009

Hay nAGh2 smanSAL angktn 2008,, gmN nech kBrx?? Z so kngn le sM km sMUa. Khususx ama nagH2 XII ipa 2 lalu drg eby, ra2 dyptha, icA SangK0Ta, adit, budi, hendRA, tri, tyo, firman, dll. B kyk br kMRn trg sm2 skrg s0 t tw dMn smua km.
E klo lbr nti jgN Lp plg e.. Ingt kmpng hLMn:)

81. Moh.Rayid - Mei 30, 2009

salam ketemu kembali walau hanya dlm khayalan buat teman2 SMU 2 LWK dimana saja berada apalagi tmn2 yang sempat sekelas aq KLs 3 Fisik angk 1994

82. ing kadir - Juni 28, 2009

kenapa ne angkatan 1998 kagak ada yang nongol yah…???

83. RigMa - Juni 30, 2009

Alhamdulillah,,,,dah lulus
sebentar lagi kaki ini akan menginjak tanah luwuk lagi.
buat teman2 smua wait me

84. Uji - Juli 7, 2009

Salam kenal Bung Admin & kawan-2, saya (Uji) mo minta info nich…kebetulan ada tugas mo berkunjung ke luwuk sekitar akhir juli ini. Saya berangkat dari Jogja transit di Makasar, tanya : ada penerbangan langsung dari Mksr – Luwuk ? Maskapainya ? Jam Berapa ?
Kedua, hotel di Luwuk apa saja ? Bintang berapa ? Lokasinya dipantai or di kota ? Plus informasi yang lainnya yang bisa membantu. Tims. Salam dari Uji

puji sidharta - Juli 21, 2009

Salam kenal juga Pak..ada beberapa penerbangan ke Luwuk pilihan dari Manado dan Palu dengan Merpati. Untuk dari Makassar saya kurang mengerti. Untuk hotel bisa Rosalina dan Ramayana bisa menjadi pilihan. Keduanya berada di kota.

Salam

85. deddy - Juli 14, 2009

mo plg luwuk mo cari ikbal alias beben… manttap

86. Awal83 - Agustus 29, 2009

mo pulang kong bawa oleh2, miss u luwuk ^_^


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: